oleh

Avnet Tampilkan Solusi Hortikultura Pintar Menyeluruh di Horti Asia 2018

Bangkok, Thailand – Avnet Asia Pacific menampilkan solusi hortikultura pintar menyeluruh pekan ini bertempat di Horti Asia, 27 Agustus 2018.

“Kecanggihan teknologi telah mengubah lanskap hortikultura secara dinamis pada situasi yang kita kenal saat ini — kontrol presisi berdasarkan data untuk memonitor kondisi, dan sistemnya telah jauh lebih pintar,” kata Andy Wong, Wakil Presiden Senior Solusi Desain Global Avnet Asia.

Dikatakan Andy, Avnet mendesain, mengintegrasikan, dan memvalidasi solusi inovatif yang praktis untuk lanskap hortikultura bagi generasi mendatang.

“Kami membantu bisnis mengimbangi lanskap hortikultura yang berubah pesat dengan menghadirkan inovasi terbaru pada industri ini untuk mempercepat produksi hortikultura,” jelas Andy.

Pertanian merupakan jalan hidup bagi masyarakat Asia dengan delapan dari 10 negara ASEAN yang bergantung pada pertanian dan hasil tani.

Negara seperti Myanmar dan Laos memperoleh lebih dari 40 persen PDB-nya melalui sektor pertanian.

The Internet of Things (IoT) memungkinkan petani, peternak, serta peternak lebah tetap terhubung dengan ladang dan ternak mereka tidak seperti sebelumnya.

Dengan kecanggihan solusi teknologi yang pesat maka pasar pertanian di suatu wilayah terus berkembang secara eksponensial dari tahun ke tahun.

Bagi bisnis dan pengguna hortikultura, Avnet memberdayakan mereka dengan kemampuan pemantauan dan kontrol jarak jauh melalui teknologi LPWAN, serta sensor untuk pencahayaan, gas, suhu, kelembaban dan parameter vital lain yang penting untuk hasil panen yang berkualitas.

Avnet juga memberi solusi untuk teknologi pencahayaan yang inovatif melalui spektrum pencahayaan tanaman, di atas solusi kontrol pompa pintar yang hemat energi. Kapabilitas Avnet dan ekosistem yang terhubung menyediakan pendekatan menyeluruh pada solusi hortikultura pintar bagi generasi mendatang.

Dalam Horti Asia 2018, pengunjung diperkenalkan dengan pemantauan dan kontrol pompa pintar Avnet serta kontrol pompa melalui penerapan IoT dan integrasi ponsel pintar, sehingga membantu menghemat waktu, biaya, dan konsumsi energi seraya terus meningkatkan masa aktif pompa.

Avnet juga menampilkan sensor tanah tahan cuaca dan air berbiaya rendah (gSense-100), yaitu sebuah sensor yang kuat, yang dioperasikan dengan baterai, berdaya rendah dengan jangkauan yang panjang serta menggunakan jaringan IoT.

Dengan mengaktifkan pengukuran berbagai parameter tanah melalui teknik domain frekuensi, gSense-100 dapat menyampaikan tentang penyusutan air pada pengguna, sehingga dapat membantu memantau keefektifan sumber air.

Hal menarik lainnya bersama mitra Avnet pada pameran tersebut ialah pencahayaan LED yang sangat efisien dan bisa dimodifikasi untuk hortikultura dengan Osram Opto Semiconductors, pemantauan kualitas udara waktu-nyata melalui pengukuran level karbondioksida yang terhubung ke awan dengan menggunakan narrowband IoT (NB-IoT) dari Quectel, serta pengukuran level air dan pemantauan lingkungan yang didukung oleh LoRa dan STMicroelectronics.

Komentar

BERITA LAINNYA